Penulis:
Dr. Srie Faizah Lisnasari, M.Si.
Dr. Nurhayati, M.Pd.
Ni Luh Putu Mery Marlinda, M.Pd.
Dr. Elyza Martiarini, M.Pd.
Lastiar Roselyna Sitompul, S Si., M.Pd.
Dr. Muhammad Ali Ghufron, M.Hum.
Erdalina Sinulingga, S.Pd., SD.
Nanang Purwanto, M.Pd.
Ni Putu Merry Yunithasari, S.Pd., M.Pd.
Dian Novita Anggrainy, M.Pd.
Rohayati Sitanggang, S.S., S.Pd.
Maria Imaculada Jonas Julhendra, S.Pd., Gr.
Dr. Ida Rosida, M.Pd.
Nuril Huda, M.Pd.
Putri Cahyaningrum, S.Pd., M.Si.
Anisyah Yuniarti, S.Pd., M.Pd.
Eko Sri Wahyuni, M.Pd.
Anisak Heritin, S.Si., M.Pd.
Editor:
- Suci Haryanti, M.Pd
ISBN: 978-623-512-806-1
Terbit: 24 November 2025
Ukuran: A5 Unesco (15,5 x 23 cm)
Stok: 0 Eksemplar
Berat: 0 Kg
Versi Cetak: Tersedia
Versi Digital: Tersedia
Struktur buku ini dirancang secara komprehensif, dimulai dari pembahasan landasan konseptual, prinsip-prinsip fundamental (seperti VASCR dan prinsip BSKAP), serta kerangka regulasi asesmen, sebelum beralih ke pembahasan mendalam mengenai jenis dan teknik asesmen. Secara berturut-turut, buku ini mengupas tuntas peran Asesmen Formatif (termasuk Asesmen Autentik dan Diferensiasi), Asesmen Sumatif, serta teknik asesmen komprehensif yang relevan. Kehadiran bab tentang Taksonomi Bloom dan SOLO memberikan kerangka teoritis bagi pendidik untuk mengukur tingkat pemahaman, yang kemudian dilengkapi dengan pembahasan praktis mengenai asesmen untuk pengembangan keterampilan (psikomotorik) dan penggunaan teknologi dalam proses asesmen. Lebih lanjut, buku ini menyentuh isu-isu penting dalam implementasi, termasuk tantangan dalam asesmen untuk pendidikan inklusif, urgensi umpan balik yang efektif, dan isu etika dalam asesmen Pembelajaran Mendalam.