Penulis:
Dr. Ruli Asari, S.Pd., M.Pd.,
Prof. Dr. Dede Rohmat, M.T.
Prof. Dr. Epon Ningrum, M.Pd.
Dr. Ahmad Yani, M.Si.
Editor:
- Rintho R. Rerung
ISBN: 978-623-362-753-5
Terbit: 7 November 2022
Ukuran: A5 Unesco (15,5 x 23 cm)
Stok: 2 Eksemplar
Berat: 0.232 Kg
Versi Cetak: Tersedia
Versi Digital: Tersedia
Dunia nyata memiliki gambaran yang kompleks dan merupakan suatu sistem yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Upaya untuk memahami beragam fenomena tersebut, diperlukan penyederhanaan yang dapat dipahami secara skematis, diagramatis, visual dan bentuk lainnya. Konsep penyederhanaan fenomena dunia nyata tersebut dapat dikatakan sebagai “model”. Model dapat didefinisikan sebagai suatu representasi terhadap realitas yang dilakukan oleh seorang pemodel. Model adalah suatu penghubung atau yang mengkoneksikan antara dunia berpikir dengan dunia nyata dengan tujuan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
Secara operasional yang dimaksud dengan model laboratorium lapangan dapat didefinisikan sebagai suatu tempat ruang terbuka yang dapat digunakan sebagai tempat pembelajaran, praktikum, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Laboratorium lapangan Pendidikan Geografi adalah suatu formulasi model diagramatik yang menyajikan fenomena Suatu Kawasan sebagai sumber belajar geografi untuk mengembangkan kompetensi pembelajaran. Laboratorium lapangan pendidikan geografi memiliki peran; 1) membantu kelancaran proses pembelajaran atau praktikum dari berbagai mata kuliah yang memerlukan kajian terapan secara praktis; 2) membantu menyelenggarakan pembelajaran mandiri melalui kegiatan praktikum, eksperimen, latihan, maupun pengembangan informasi ilmiah lainnya; 3) memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan soft skillnya.
Lingkup kajian buku ini dibagi menjadi tujuh bab yaitu; Bab 1 Dasar-dasar Laboratorium, Bab 2 Pemodelan Laboratorium Lapangan, Bab 3 Tahapan Pemodean Laboratorium Lapangan Pendidikan Geografi, Bab 4 Potensi Kawasan Gunung Api Galunggung Kabupaten Tasikmalaya sebagai Laboratorium Lapangan Pendidikan Geografi, Bab 5 Model Laboratorium Lapangan Pendidikan Geografi pada Kawasan Gunung Api Galunggung Kabupaten Tasikmalaya, Bab 6 Laboratorium Lapangan Pendidikan Geografi sebagai Fungsi Pendidikan Lingkungan, dan Bab 7 Laboratorium Lapangan Pendidikan Geografi untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis